Apa itu SEO ? - Pengertian dan penjelasan SEO

Pengertian SEO - Apa itu SEO ??


   Mungkin anda selama ini tidak tau akan hal ini. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO juga bisa dikatakan sebagai jantung dari sebuah blog atau website. Mengapa demikian ? Karena dengan menggunakan SEO, website atau blog anda akan ramai dikunjungi oleh para pengguna Internet di Indonesia bahkan di seluruh dunia.
Dengan adanya SEO, maka website atau blog anda akan dengan mudah dicari oleh para pengguna internet dan anda juga akan mendapatkan traffic / pengunjung blog yang Ramai.
Lalu, bagaimana jika saya tidak ingin melakukan SEO ?
Pertanyaan inilah yang sangat sering saya dengar. Coba anda pikirkan sendiri jika anda tidak melakukan teknik SEO dengan tepat, apakah pengunjung mau datang ke blog anda ? Tentu jawabannya tidak, maka dengan SEO lah anda akan mendapatkan traffic yang tinggi.

Apakah Fungsi SEO ?

 

  Diatas sudah saya senggol sedikit bahwa fungsi SEO adalah untuk membuat website atau blog anda dapat dicari pada mesin pencari, terutama Google.com. Apakah hanya itu fungsi SEO untuk blog ? Tentu tidak, ada sangat banyak sekali fungsi SEO yang akan anda dapatkan jika anda melakukan teknik SEO dengan benar. Berikut adalah fungsi - funsi SEO yang sangat berguna bagi blog anda :
  1. Menaikkan page ranking sebuah website agar selalu terindex pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama dan mendapatkan kualitas yang bagus.
  2. Mendatangkan trafik / pengunjung ke website melalui search engine.
  3. Membantu meningkatkan pencapain target penjualan melalui rekomendasi web.
  4. Meminimalkan biaya pemasaran online.
  5. Dengan cara optimasi seo yang baik, web/blog anda akan menduduki peringkat pertama google dan terlihat sangat proffesional dimata google.
  6. Jika anda seorang Internet Marketing, bisnis anda sangat berpeluang meraih kesuksesan karna traffic anda yang akan melonjak tinggi.
  7. Bila pengunjung yang datang ke sebuah web/blog sudah banyak, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap potensi penghasilan dari web/ blog tersebut.

Macam - macam SEO

  Ternyata SEO bukan hanya 1 laja, tetapi SEO ini terbagi lagi menjadi 2. Apa saja kah itu ? Mari kita lihat penjelasan saya dibawah.

1. SEO Onpage


    Apa itu SEO Onpage ? Saya akan menjelaskan secara singkat mengenai SEO Onpage. SEO Onpage adalah optimasi SEO dari dalam blog / website. Masih bingung ? Baiklah saya akan memberikan 1 contohnya. Yaitu pemilihan Template yang SEO Friendly (template yang biasanya ringan). Ada banyak lagi cara mengoptimasi SEO Onpage.
Saya akan membahasnya pada artikel : Cara membuat SEO Onpage pada blog.

2. SEO Offpage


   Apa itu SEO Offpage ? Melihat penjelasan saya tentang SEO Onpage, pasti anda tau pengertian SEO Offpage. Yak benar sekali, SEO Offpage adalah lawan dari SEO Onpage, yaitu optimasi SEO dari luar website atau blog. Walaupun berlawanan, tapi kedua ini tidak dapat dipisahkan, jika anda kebanyakan melakukan SEO Offpage, maka blog anda tidak akan mendapatkan posisi yang bagus dimata google karena persaingan yang sangat tinggi pada mesin pencari. Sama seperti SEO Onpage, saya akan memberikan 1 contoh SEO Offpage, yaitu adalah Backlink dan masih banyak yang lain.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca : Cara membuat SEO Offpage pada blog.

Hanya 2 itu saja yang dapat saya sampaikan untuk pembagian SEO. Untuk kedepannya anda silahkan membaca artikel - artikel saya lainnya yang membahas SEO juga. Jangan buat blogmu tidak dapat terindex oleh mesin pencari kesayangan ya (GOOGLE)

Share this

Related Posts

First

3 komentar

komentar
12 Januari 2016 pukul 19.37 delete

blog walking yg baik untuk seo itu yg bagaimana?

Reply
avatar
14 Januari 2016 pukul 18.26 delete

Wah keren hu, ingin belajar lebih lagi, gimana nih ebuknya?

Reply
avatar
23 Januari 2016 pukul 03.31 delete

Wah, mantep sekali master, ditunggu artikel selanjutnya ya.. :)

Reply
avatar